BAB 3 APLIKSI PENGOLAH KATA
(MICROSFOT WORD)
A. APERSEPSI
Micrsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang
sangat popular pada saat ini. Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini
terdapat dalam satu paket Microsoft Word, Microsoft Exdel, Microsoft Power
Point, Microsoft Office, Microsoft Office Acces. Dalam perkembangannya
Microsoft Word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari
Microsoft Word 1998, Microsoft 2003,
Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010 dan Microsoft Word 2013. Dengan
perkembangan tersebut Microsoft Word lebih mudah untuk digunakan.
B. TUJUAN
PEBELAJARAM
Pada bab ini
diharapkan peserta didik dapat:
1. Mulai
bekerja dengan MS Word
2. Membuat
format dokumen
3. Membuat
format teks dan paragraph
4. Membuat
Format teks dan mengolah
5. Membuat
mail merge
6. Menggunakan
warna dan objek
7. Mencetak
file dokumen
C. URAIAN
MATERI
I.
Mengenal Ms. Word
Micrsoft
Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa
digunakan unutk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabarm label surat,
membuat tabel pada dokumen. Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan
dipakai dalam mengoperasikan Microsoft Word 2007:
a. Hotkey/shortcut
Berupa
kombinasi beberapa tombol tertentu pada keyboard yang menyebabkan program
aplikasi yang sedang berjalan untuk melakukan sautu proses tertentu.
b. Toolbar
)pada Mic. Word 2007 disebut ribbon)
Pada
Mic. Word 207, perintah-perintah sudah ditampulkan dalam grup-grup terpisah.
Gambar 3.1 toolbar
c. Ruler
margin (Indent)
Digunakan
untuk mengatur batas kiri dan kanan dari suatu halaman.
1. First
Line Indent
Digunakan
untuk mengatur posisi huruf pertama pada setiap awal paragraf
2. Hangin
Indent
Digunakan
untuk mengstur posisi huruf setelah baris pertama pada suatu paragraf
3. Left
Indent
Digunakan
untuk mengatur batas kiri untuk semua teks
4. Right
Indent
Digunakan
untuk mengatur batas kanan untuk semua teks
II.
Mengoperasikan Ms. Word
a. Membuka
Microsoft Word
Secara
default, saat pertama kali menjalankan Microsoft Word, maka akan terbentuk
dokumen kosong yang diberi nama docl. Pada dokumen tersebut pada diketikkan
naskah yang akan anda buat.
Untuk
memulai Microsoft Word dapat melalui lima cara:
1. Klik
ganda icon program word pada desktop
2. Klik
shortcut menu word
3. Klik
office program bar pada menu start
4. Klik
nama dokumen/file word bila pernah megetik dokumen dengan word
5. Dengan
windows explorer atau start menu find, cari file Microsoft word atau winword
(tipe file: application atau shortcut) kemudian klik ganda.
Untuk
pemilihan mebu dengan keyboard dapat digunakan tombol F10 yang diikuti
penggunaan tombol panah dan enter, atau dengan menekan tombol Alt diikuti dengan
tombol huruf yang bergaris bawah pada menu dimaskud. Jika menggunakan mouse
maka gerakkan mouse pada menu yang dimaksud (ditandai dengan bentuk seperti
tombol pada menu yang terletak pada cursor), kemudian tekan tombol mouse kiri
untuk menampilkan isi menu tersebut.
b. Membuat
dokumen baru
Ada
dua cara yang dapat menjadi alternative dalam membuat dokuen baru, yakni:
1.
Clickicon
atau tekan Alt+F New Blank Ducoment
2. Tekan Ctrl+N pada keyboard
c. Membuka
file yang tersimpan dalam folder komputer. Dari cara diatas, akan menghasilkan
tampilan kotak dialog open file, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan
letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol open, maka file yang dipilih akan
dibuka oleh Microsoft Word. Berikut untuk mencari file bilaman anda tidak dapat
menemukan file yang adna inginkan atau lupa dimana anda menyimpannya, pililah
Tools – Search. Lalu ketik yang anda inginkan pada Search Text dan pilih Go.
d. Menyimpan
dokumen
Setelah
memulai penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin, dilakukan penyimpanan. Hal
ini bertujuan untuk menghindari dari hilang dokumen.
e. Menutup
file dokumen
1.
Click
icon atau tekan Alt+F Close
2. Click
icon pada ribbon
f.
Menutup jendela Ms. Word
1.
Click
icon atau tekan Alt +F
Exit Word
2. Click
pada kanan atas (x) pada kanan atas dari jendela Microsoft Word
g. Mengedit
teks
1. Tekan
tombol BackSpace pada keyboard untuk mengahapuskan satu karakter di kiri titik
sisip
2. Tekan
tombol Delete pada keyboard untuk mengahapus karakter di kanan titik sisip
3. Tekan
Ctrl+Y pada keyboard, untuk melakukan pengulangan teks (repeat)
4. Tekan
Ctrl+Z pada keyboard atau klik icon undu pada ribbon untuk mengahpus teks
Untuk
pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraph, tekan tombol
Shift+Enter
h. Mengopy
teks
III.
Membuat Format Teks
IV.
Membuat Format Paragraf dan Mengatur
Paragraf
1. Mengatur
Perataan Teks Paragraf
2. Mengatur
Indentasi
3. Mengatur
Jarak Spasi Baris
V.
Membuat Bullet and Numbering
VI.
Style
VII.
Breaks
VIII.
Membuat Format Tabel dan Mengolah
IX.
Membuat Mail Merge
X.
Menyisipkan Objek pada Dokumen
a. Menyisipkan
Gambar
b. Menyisipkan
Shapes
c. Menyisipkan
Clip Art
d. Menyisipakn
Word Art
XI.
Mencetak File Dokumen
Komentar
Posting Komentar